Sunday, December 14, 2008

11 Sumber Makanan Terkaya Omega-3

Penulis : Ikarowina Tarigan

Pilihan makanan yang Anda buat setiap hari dapat menambah jumlah asupan omega-3 Lemak asam. Omega-3 sangat penting bagi kesehatan, tetapi Anda bisa kehilangan manfaatnya karena menyusun menu yang tidak melibatkan sumber omega-3. 


Banyak makanan yang mengandung lemak asam. Untuk meyakinkan bahwa Anda juga mendapatkan kandungan -3, Anda harus cermat dalam memilih makanan. Berikut adalah 11 cara menambah asupan omega-3: 

Salmon. Ikan ini kaya akan omega-3 tetapi rendah omega-6. Ikan ini merupakan sumber omega-3 terbaik yang bisa Anda pilih. 

Tuna. Ikan berlemak ini juga kaya omega-3 serta rendah omega-6. Anda kurang menyukai tuna? Anda punya pilihan lain: mackerel, hering, serta ikan air tawar. 

Ikan hering kecil dan ikan sarden. Walaupun bukan jenis ikan yang menjadi favorit setiap orang, ikan yang langsing ini juga merupakan sumber omega-3 yang bagus. Ikan ini juga cenderung mengandung sodium yang tinggi. 

Binatang berkulit keras. Ikan bukan mahluk laut yang menjadi sumber satu-satunya omega-3. Udang, kerang, serta kepiting juga kaya omega-3 serta membuat Anda tidak akan didominasi omega-6. 

Minyak. Mulailah memasak dengan menggunakan minyak canola yang kaya omega-3. 

Kacang kedelai. Beberapa jenis kacang polong merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan jenis lainnya untuk menyeimbangkan kadar omega-3 di tubuh Anda. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian. Tambahkan kacang ke salad Anda. Sekepal penuh dari salah satu jenis ini akan memenuhi asupan omega-3 yang Anda perlukan. 

Bayam. Bayam kaya omega-3. Popeye punya alasan untuk selalu mengkonsumsinya. Tambahkan daun hijau ini di salad Anda atau tambahkan ke dalam pasta. 

Labu/ketola. Jangan mengesampingkan makanan ini karena juga merupakan sumber asupan omega-3 yang baik. 

Brokoli dan kol bunga. Sayuran ini bisa menjadi teman baik Anda dalam mendapatkan omega-3. 

Pepaya. Pepaya merupakan buah yang paling kaya dengan omega-3. 
(*/health.usnews.com)

No comments: